#VisitBuki TK SAAJA

5:55:00 PM

Bermula dari tweet salah satu akun popular yang sering memberikan informasi untuk anak muda, saya akhirnya mendaftar menjadi volunteer salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Komunitas BukuBerkaki (Buki). Sebelum memutuskan untuk mendaftar, saya sempatkan membuka laman web Buki untuk memastikan bahwa saya masuk ke komunitas yang benar. Lucky me! Keinginan beberapa tahun lalu untuk bisa jadi volunteer akhirnya didukung semesta melalui jadwal kuliah yan

g banyak kosong dan link google form untuk mendaftar komunitas yang benar benar menarik untuk saya. Komunitas pencita buku yang peduli pada minat baca anak muda. Saya sendiri, sih, enggak cinta-cinta banget sama buku, tapi kalau pergi kemana-mana sendirian selalu bawa buku, kok – buat dibaca tentunya. Hehehe.

Sehari sebelum kegiatan, akhirnya saya diundang ke grup chat Line Buku Berkaki dan diberikan penjelasan singkat untuk kegiatan hari Sabtu (19/9) oleh kakak-kakak Krucil yang semuanya ramah-ramah sekali! Sebagai anak baru, senang sekali rasanya bisa diterima dengan sangat ramah dan terbuka.

Pada hari berikutnya (19/9), hari-H kegiatan, kami bertemu langsung di TK Saaja. Anak-anak Saaja sudah ramai datang sebelum Krucil-Krucil sampai. Ada 44 anak, riweuh sekali! Setelah semua Krucil sampai, kegiatan dimulai dengan pengarahan dari ibu guru-ibu guru Saaja yang membariskan anak anak. Satu per satu Krucil memperkenalkan diri dan disapa juga oleh adik-adik TK Saaja. I am so excited!

Ada empat kegiatan utama yang dilakukan disini, yaitu, penyerahan buku-buku bacaan yang dipinjamkan Buki, mendongeng, bermain games, dan senam. Secara simbolis, buku diserahkan oleh Kak Icha kepada salah satu ibu guru TK Saaja. Selanjutnya adik-adik TK Saaja yang sudah berbaris per kelompok langsung menyebar bersama Krucil pendampingnya untuk membaca dongeng. Saya baru tahu anak kecil bisa semangat sekali untuk mendengarkan cerita. Walaupun ada beberapa anak yang terlalu aktif sampai kadang suka main ke kelompok lain, adik-adik ini benar benar mengikuti dongengnya loh. Di akhir sesi mendongeng, adik-adik yang berani maju dan menceritakan kembali dongengnya akan diberikan hadiah. Mereka yang maju lucu sekali, banyak yang tampak malu-malu, ada yang lupa dongengnya, ada juga yang sangat aktif sampai rebutan ke depan.

Mendongeng
Pada sesi bermain games, adik-adik ini juga masih tampak sangat bersemangat untuk berlomba memasukkan potongan lego sesuai warnanya ke dalam gelas. Bagian sulitnya adalah mereka harus pakai sumpit! Tapi boleh pakai dua tangan, kok, pegang sumpitnya, hehe. Tim yang menang berhasil memasukkan 22 potong lego dengan benar dan mereka mendapatkan bingkisan lucu dari Buki. Yay!
Bermain games
Sesi selanjutnya – favorit saya! – senam yang seru sekali dipandu oleh Kak Cut. Adik-adik Saaja masih mengikuti dengan semangat sekali. Cuma lihat aja bisa bikin seneng, apalagi ikut senam sama Kak Cut. Krucil juga ikutan senam loh. Senam semi dance yang seru banget.
Event Summary

Kegiatan #VisitBuki diakhiri dengan penyerahan bingkisan ke seluruh adik-adik TK Saaja. My Saturday afternoon spent very well with Krucil dan adik-adik TK Saaja. Senang sekali bisa berbagi senyum dan tawa bersama mereka. Sure I will do this again! :)

You Might Also Like

1 comments