3 Months Internship Summary

10:56:00 PM

Saya tidak pernah menyangka magang akan jadi pengalaman yang begitu menyenangkan. Hingga akhirnya hari ini saya tahu, jika kita magang di tempat yang tepat maka magang tidak akan berakhir sekadar dengan laporan untuk disetor ke kampus.

3 bulan terakhir saya harus pergi-pulang Menteng Atas-Sunter dari Senin-Jumat pukul 07.15-16.15. Yap, saya jadi anak magang! Akhirnya jadi anak magang sungguhan! (mengingat waktu kerja praktik rasanya saya useless begitu cuma ngeliatin orang kerja). 

**Kenapa masuknya pagi amat?
Soalnya saya magang di Divisi Engineering salah satu perusahaan otomotif yang jam kerjanya mengikuti jam kerja plant jadi kerjanya lebih efisien (enggak tunggu-tungguan sama plant).

Magang kali ini pun benar-benar tanpa motivasi khusus semacam buat tugas kuliah. Motivasinya ya sesederhana di semester 8 kemarin banyak waktu luang karena skripsi sudah setengah jadi, daripada guling-guling doang di kosan mending magang (bisa belajar dan dibayar!). 

Awal-awal magang, saya sempat mencoba struggle naik TransJakarta tapi ternyata enggak kuat (2 jam!), akhirnya naik motor (waktu tempuh sekitar 40 menit) sampai magangnya selesai hahaha. Oya, ini juga pengalaman pertama naik motor sendiri di Jakarta dan trayeknya langsung ke Sunter. Jalanan ke sunter itu searah dengan Pelabuhan Tanjung Priok, jadi ya...bisa dibayangkan kalau saingan pemotor pemula seperti saya adalah long vehicle macem trailer yang ngangkut mobil/motor, truk tangki BBM yang GEDE dan kendaraan monster sejenis deh ya. Berat emang persaingannya. Awal-awal naik motor pernah nyasar terus nabrak mobil orang dari belakang sampe jatoh hehe. Awal-awal cuma berani di kiri eh makin kesini udah berani nyelip-nyelip bahkan diantara long vehicle yang lagi melaju. Tsahhhh. hahahah. Menteng Atas - Sunter rasanya jadi gak berat-berat amat.

Kerjaan saya selama magang adalah assisting Mba Isyana to get done all technical administration matters in Engineering Division (ED) semisal urusan travel proposal, settlement, employee attendance, monthly overtime report, dan sebagainya. Kadang ketika orang-orang di ED nanya jurusan saya, mereka wondering kok bisa bisanya magang di Engineering Administration (EA) yang kayaknya enggak nyambung haha. Well, terlepas dari nyambung enggaknya jurusan dan posisi magang saya, I am really grateful buat kesempatan magang ini. Here are the reasons:

- Dapet Mba Isyana as a Mentor/User
Dari Mba Isyana, saya belajar kalau jadi baik dan helpful itu bukan berarti enggak tegas. Menurut saya, Mba Is selalu helpful ke semua member ED, tapi beliau di saat yang sama juga bisa menjaga buat segala pekerjaannya itu tetap tertib. Helpful bukan berarti breaking the rule. Whereas dulu, saya malah suka neglecting rules yang menurut saya remeh. hehehe. Oya, karena kerja sama beliau juga bikin saya semakin ngeh buat kerja secara sistematis dan tracing the root cause of a problem. Di sisi lain, Mba Is juga orangnya santai. Saya jadi gampang izin buat ke kampus atau interview sana sini. Supportive banget. Somehow, she became one of my role models.

- Engineering Div punya atmosfer kerja yang menyenangkan
Saya lumayan sering jalan-jalan ke divisi lain buat anter dokumen ini itu dan lagi lagi menurut saya, ruangan ED auranya beda. Enggak riweh atau kaku. Everyone is very kind, ramah, dan respect & appreciate each other (bahkan farewell anak magang itu diumumin dan dikasih waktu buat short speech yang didenger se-divisi). Oya, di ED juga saya melihat bagaimana orang-orangnya mengucapkan tolong dan terima kasih enggak sekadar buat formalitas tapi beneran tulus gitu, semacam sudah jadi budaya yang gak sekadar dibibir. Di ED juga mungkin karena mayoritas laki-laki, enggak terlalu baperan orangnya wkwk.

- Bisa lihat orang-orang penting kerja dan kenalan sama mereka
Well, mereka seringnya meeting sih. Meeting all day. Habis meeting terus meeting lagi sampai kayaknya waktunya habis di meeting. Terus pernah satu kali salah satu designer mobilnya ngerjain sedikit designnya di meja sebelah saya. Woah! Berasa kayak anak kecil ketemu ultraman! wkwk norak sih. tapi ya... sama kayak waktu pertama kali liat haul truck di Batu Hijau dehh.

(to be continued) 

***

Saya sangat-sangat bersyukur 3 bulan ini dihabiskan di tempat yang tepat. Semoga ini bisa jadi bekal buat saya kerja nanti. hihi.

Terima kasih Mba Isyana, Pak Dedy, Bu Hanna, Pak Samsul, Mas Aji, Mba Wiwid, Mba Ratna, Mas Andre, Pak Ari, Vindy!

See you in the next opportunity! :)





You Might Also Like

2 comments