Batu Hijau Bootcamp

10:10:00 PM

Meskipun baru beberapa kali membacakan dongeng buat anak-anak, saya rindu mendongeng. Sudah beberapa bulan saya absen di kegiatan-kegiatan Buku Berkaki yang biasanya menjadi media untuk berinteraksi dengan anak kecil. Haha bukan saya suka anak kecil, cuma menikmati masuk dan ikut dalam pikiran-pikiran mereka.

Bulan lalu, setelah lama di rumah cuma liburan dan leyeh-leyeh, akhirnya ada lagi kesempatan main dengan anak-anak kecil lewat kegiatan yang benar-benar tidak terduga: Batu Hijau Bootcamp.

Saya tidak pernah terpikir kalau kami, alumni Newmont Bootcamp dari semua batch akan difasilitasi untuk saling bertemu, mengenal. Umm..bukan cuma bertemu dan mengenal, tapi juga melakukan hal yang lebih bermanfaat: berbagi. 

Batu Hijau Bootcamp adalah perjalanan dari Timur ke barat yang di setiap kota singgahnya para alumni Newmont Bootcamp kota itu akan melakukan aksi sosial bersama. Dimulai dari Sumbawa, Surabaya, Jogja, dan Jakarta. Makin barat, makin ramai. 

Saya mulai ikut dari Jogja. Kami singgah di Yayasan Rumah Belajar Kreatif Kaki Gunung Merapi (YRBK Kagem). Ada puluhan anak-anak usia SD sampai SMP yang aktif datang dan belajar di Kagem. Rata-rata orang tua mereka adalah buruh, referensi jenis pekerjaan yang mereka tahu pun terbatas. Makanya kami diajak kemari untuk berbagi tentang pekerjaan apa yang kami lakukan.

Saya sempat ngobrol dengan beberapa anak-anak di Kagem, katanya mereka suka Kagem karena di sana ada kakak-kakak yang membantu belajar apa saja, ada buku-buku bacaan juga buat mereka. Dari yang saya lihat saat pertama kali menjejak tempat itu ya memang benar, di sana ada kakak-kakak relawan yang rata-rata adalah mahasiswa. Kagem juga punya koleksi buku bacaan untuk walaupun belum banyak. Jalan Kaliurang kilometer 10, masih di kaki Gunung Merapi. Semoga semakin banyak buku yang mereka punya nanti sehingga mereka tak kalah saing dengan teman-temannya di kota besar. Kalau saya ke Jogja lagi, pasti akan mampir ke sana lagi. To drop some books, to read some stories maybe :)
Kalau ada kakak-kakak yang sedang di Jogja, kepo tentang Kagem, mereka punya instagram loh: @kagemjogja.

Hanya sehari di Jogja, perjalanan kami berlanjut menuju Jakarta Selatan. Yayasan Al-Hasyim. Belajar mengetik dan menggambar menggunakan laptop. Yang paling saya ingat di sini adalah seorang anak perempuan kelas 4 atau 5 SD begitu sedih karena pisah kelompok dengan teman sekelasnya. Di kelompok baru ia merasa tidak diterima. Teman-teman kelompok barunya pun memang agak 'susah menerima' anggota baru kelompok mereka ini. Si anak kecil yang sendirian ini awalnya gak mau bicara sama sekali. Saya kira dia bisu selektif *duh, lebay*. Tapi setelah beberapa waktu saya coba ajak bicara, akhirnya dia mau ngobrol sama saya! Seneng! Dia juga bersemangat sekali waktu belajar mengetik namanya. Dan seluruh anggota kelompok ini melakukannya bergiliran :)

***

Senang sekali bisa mengunjungi mereka. Senang sekali berkenalan dengan alumni batches sebelumnya. Senang sekali bisa menjadi bagian kecil dari keluarga Newmont Bootcamp. 

Beberapa momen bisa jadi begitu berpengaruh dalam hidup kita, buat saya momen Newmont Bootcamp adalah salah satunya. 

Berkenalan dan menjadi teman dari orang-orang hebat di bidangnya masing-masing. Melihat dan membaca perspektif mereka. Saya senang, walaupun cuma menjadi tim hore. Mereka menjadi motivasi tersendiri buat saya.


Bekasi, 12/09/2016 22:09

Kadek Dwika

You Might Also Like

1 comments