Pengalaman Pertama Booking Apartemen dengan Airbnb

10:47:00 AM

Sederhananya, Airbnb adalah sebuah situs yang menjadi tempat untuk memesan berbagai jenis akomodasi mulai dari shared-room, whole apartment/house, hingga kastil! Akomodasi tersebut dimasukkan ke list Airbnb langsung oleh pemiliknya. Mirip bukalapak/tokopedia, tapi jualannya adalah produk akomodasi. Airbnb sudah beroperasi di lebih dari 191 negara dan 34.000 kota. Indonesia adalah salah satunya.



Dulu kalau kita bepergian ke luar kota, biasanya yang terpikir untuk akomodasi adalah hotel. Kalau perginya ramean dengan keluarga, terpaksa harus book 2 kamar atau suite yang harganya selangit. Gak pernah kepikiran deh buat sewa apartemen harian (karena enggak tahu ada yang kayak gitu/gimana cara book-nya). Well, lewat Airbnb kita menemukan apartemen 2 bedrooms lengkap dengan berbagai fasilitasnya termasuk kitchen (dan segala perlengkapan basic-nya, tergantung apartemen), ruang tengah, dan fasilitas bawaan apartemen lainnya dengan harga yang sangat terjangkau bahkan lebih murah dibandingkan dengan harga sewa 2 kamar hotel. 

Jadi minggu lalu saya book 2 bedrooms apartemen di kawasan Rasuna Said, Kuningan dengan harga cuma 700ribuan semalamnya! Sedangkan kalau pesan hotel paling murah di daerah ini sekitar 500ribuan semalam sekamar. Tanpa kitchen, tanpa ruang tengah. Bagi saya sih ini sangaaaaat menguntungkan! Lokasi premium dengan harga sangat affordable.

Intinya, di sini pilihannya beragam. Dari yang affordable sampai yang lux dan harganya mahal. Cuma ya menurut saya harganya relatif lebih murah dibandingkan harga-harga hotel gitu hehe (mengingat fasilitas-fasilitas yang bisa didapat juga).

Penampakan apartemennya seperti ini:

Ruang Tengah
Kitchen Area
Main Bedroom
Taman
View from balcony
Selanjutnya poin plus lain adalah kemudahan proses booking. Prosesnya mirip dengan proses pesan hotel di Agoda, bedanya adalah di Airbnb ada bagian kita mengontak langsung pemilik akomodasi untuk menanyakan ketersediaan di tanggal yang kita mau atau pertanyaan-pertanyaan lain tentang unitnya. But trust me, bagian ini mudah banget kok, semudah chat lewat Whatsapp (di aplikasi airbnb) atau semudah email-emailan (kalau gak lewat aplikasi airbnb/via web). Oya, ada juga akomodasi yang ketersediaannya gak perlu ditanyakan lagi kalau sudah ada tanda 'instant book'-nya.

Poin terakhir--yang ini subjektif banget--adalah 'it feels like home'. Ini sih pengalaman keluarga kami. Selama 4 hari 3 malam apartemennya berasa rumah sendiri. Mungkin karena di unit ini hawa-hawanya ya hawa tempat tinggal (bukan kayak hotel gitu maksudnya) haha. Host juga benar-benar memberika space buat kami. Jadi kami betah banget deh.

Kurangnya airbnb ini cuma satu: bayarnya harus pakai credit card. hiks hiks... Jadi kalau gak punya credit card belum bisa pesan di sini deh..
***
Nah kemarin itu saya book apartemen karena keluarga mau datang ke Jakarta dalam rangka Wisuda saya hihi. Awalnya mau pesan hotel yang agak nyaman gitu di sekitaran Balai Kartini, cuman rasanya kok kemahalan...maklum masih gaji freshgrad belum sanggup hehehe. Akhirnya iseng-iseng deh cek-cek airbnb terus nemu yang di Taman Rasuna, Kuningan. Pas bangettt. Deket sama kost dan saya kenal daerahnya jadi gampang nanti ajak kemana-mana. 

Setelah baca-baca review, banding-bandingin sama hotel dan apartemen lain di Kalibata yang cuma 300ribu semalem lewat olx, akhirnya saya book juga. Prosesnya itu pertama masukkin tanggal yang kita mau, terus ngechat host-nya sekalian dengan inquiry kita (otomatis) soal availability unit dan nanya tentang detail lokasi. Kemarin saya dapet host unit yang ramah dan helpful banget. Jadi dia langsung jelasin lokasi dan fasilitas apartemennya terus ngasih tau soal teknis check in (soalnya kan saya baru pertama kali pakai airbnb jadi agak bingung gitu). Sehari sebelum trip, Pak Vicky (host) ngechat saya, confim jam ketemuan di lobby apartemen untuk check in. 

Pas hari-H, saya ketemu Pak Vicky sesuai janji. Terus beliau ngajak apartment tour dan ngasih tahu informasi lain seperti lokasi minimarket 24 jam, taman yang bisa diakses semua penghuni gratis dan ada kolam renang dan tempat fitness. Di hari itu juga Pak Vicky ngasih tahu teknis buat check-out yang super simpel karena beliau gak bisa dateng hari itu. 

Udah deh. Selesai. Dan kami tinggal di sana 3 malam dengan nyaman. hehehe. Yang paling saya suka dari apartemen ini adalah lokasi dan isinya. Hostnya bahkan menyediakan magiccom buat masak nasi! Hal yang sangaaaaaaat ibu saya suka, jadi beliau bisa masak haha. Bahkan ada mesin cuci juga, jadi kalau tinggal di sini dalam waktu yang cukup lama gak usah susah susah mikirin nyuci di mana. Ohya, mereka juga sudah provide handuk dan air minum.

***

Nah, kalau kalian mau ngetrip pakai airbnb juga, saya punya kode promo buat dapetin potongan harga! Bisa langsung klik di sini atau masukkin kode KADEKD14 untuk dapat potongan Rp295.000 di trip pertama kamu :) Selamat mencoba!

P.S. tarif unit di airbnb itu sebenarnya dalam dolar, jadi kalau rupiah lagi menguat atau dolar melemah, harga-harga unitnya bisa turun deh dalam rupiah. Oh ya, yang di-charge di kartu kredit itu sesuai dengan currency yang kita pilih saat booking kok. 


Bekasi, 18/10/2016 10:34
Kadek Dwika

You Might Also Like

0 comments